Tuesday 9 December 2014

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Desain Komunikasi Visual
Menghasilkan tamatan yang trampil dan memiliki kemampuan berwirausaha dibidang industri kreatif yang berdasarkan kecerdasan kreatif dalam mengantisipasi dan memecahkan masalah dibidang Desain Komunikasi Visual sehingga mampu mengolah data, mencari solusi akan kebutuhan desain, meliputi penguasaan media informasi, publikasi, dan promosi. Dengan menguasai konsep yang inovatif, professional dan teknis praktis serta mengedepankan budaya rupa nusantara, berfikir kreatif dan apresiatif.
KOMPETENSI KEAHLIAN DKV :
  1. Ilustrasi
  2. Fotografi
  3. Desain Grafis
  4. Iklan TV
  5. Komik
  6. Karikatur
  7. Printing
PROSPEK KARIR :
  • Visualiser Artist
  • Ilustrator
  • Komikus
  • Karikaturis
  • Tata Artistik Artist
  • Dekorator
  • Fotgrafer
  • Event Organizer
  • Printing Operator
Desain Komunikasi Visual memperdalam keahlian dalam bidang :
  1. DIGITAL ILUSTRASI
  2. FOTOGRAFI
  3. DESAIN GRAFIS
  4. VIDEOGRAFI/AUDIO VISUAL
  5. ANIMASI
  6.  

1. DIGITAL ILUSTRASI
Membekali peserta didik agar mampu mengolah image/gambar untuk ilustrasi perancangan komunikasi visual dengan berbagai software komputer grafis seperti corel draw, adobe photoshop,adobe illustrator. Hasil akhir karyanya bisa berupa karya digital imaging, karya ilustrasi untuk cover novel/ buku/ majalah/ tabloid, karya ilustrasi cerita bergambar /komik, karya ilustrasi untuk cerpen,rubrik dalam majalah,karya ilustrasi infogram,dsb
         
2. FOTOGRAFI
Membekali peserta didik agar mampu berkarya fotografi dengan 5 teknik pemotretan (doft luas, doft sempit, panning, stop action dan show action),serta mampu mengaplikasikan karya fotografi tersebut untuk ilustrasi perancangan komunikasi visual.
Praktek pembelajaran fotografi berupa :
Pemotretan Pas Foto
Pemotretan Dokumentasi
Pemotretan Close Up & Model
Pemotretan Pre-Wedding,Wedding
Pemotretan Still Life,lanscape
Pemotretan Moment &  Human Interest
Pemotretan Cahaya  Malam & Light Painting
Fotografi desain
NB.Pemotretan dilakukan secara out door dan in door di dalam studio dkv

3. DESAIN GRAFIS = MEDIA CETAK (out door  dan in door)
Membekali peserta didik agar mampu mengoperasikan dan mengaplikasikan berbagai software  komputer grafis seperti corel draw,adobe photoshop,adobe illustrator,adobe in design ke dalam segala perancangan komunikasi visual media cetak.
Hasil akhir karyanya bisa berupa :
Corporate identity/desain logo (logotype-logogram,trade mark/merk dagang)
Desain stasionery (papan nama,ID card/kartu nama, amplop, kertas surat, kertas memo, stop map, buku,coaster,sticker,kalender meja dan dinding.
Desain cover buku, majalah,tabloid,surat kabar,katalog,leaflet,brosur,fliyer
Desain packaging/kemasan produk,merchandise,car branding
Desain umbul-umbul,spanduk,banner,backdrop,billboard,building ad,neon sign,neon box
Wedding card/desain kartu undangan pernikahan
Desain iklan majalah,poster komersil,poster sosial


4. VIDEOGRAFI
Membekali peserta didik agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software adobe premier,pinnacle dan corel video studio.
Praktek pembelajaran videografi berupa :
Shooting – Editing Video
Pembuatan Video Klip
Video Dokumentasi
Video Dokumentasi Wedding
Video Efek untuk iklan/film
Movie Company Profile
Iklan Televisi
Film Indie

         

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

3ds Max  Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap
 
  Desain media dalam (x banner, shopsign, poster) Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap


 
Desain logo Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap
 

 Foto panning Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap

 
 Desain poster Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap


Desain poster Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap

 
Desain poster Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap

 
Desain poster Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Kokap

URL video Hasil Karya Audio Visual

 
1. Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
2. Menurut Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
3. Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
4. Menurut Michael Kroeger, Visual Communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition). Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual. 
5. Menurut Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
Secara umum pengertian dari desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

1 comment:

  1. boleh gak minta background image geblek renteng yang ada di Brosur PPDB, kalo boleh bisa dikirim Lewat email saya Amsainanadhif@Outlook.com Trimakasih

    ReplyDelete

FOTO

FANS PAGE

MASUK

Google Akun
Email:
Sandi:
Anda lupa sandi?

Popular Posts

DAFTAR PENGUNJUNG

Flag Counter